Hubungan Kelentukan Sendi Bahu dengan Kemampuan Jumping Servis Permainan Bola Voli

Authors

  • Tias Aprilia Dewi PENJASKESREK
  • Muhammad Rusli Universitas Halu Oleo
  • Jud Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jolympic.v3i2.48

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kelentukan sendi bahu dengan kemampuan jumping servis permainan bola voli pada Atlet club Tunas Muda SMANDARA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Atlet club Tunas Muda SMANDARA yang terdiri atas 25 orang laki-laki. Sampel dalam penelitian ini ditarik menggunakan teknik total sampling yaitu teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Dengan demikian sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes elevasi bahu dan tes kemampuan akurasi servis. Berdasarkan analisis statistik dengan uji korelasi dengan menggunakan aplikasi SPSS 21 diperoleh hubungan koefisien variabel kelentukan sendi bahu dengan kemampuan jumping servis bernilai positif, dengan nilai r hitung 0,586 dan nilai taraf signifikan 0,002 < 0,05 yang artinya ada hubungan yang signifikan antara kelentukan sendi bahu dengan kemampuan jumping servis. Hasil ini jika dimasukkan dipeta korelasi maka hubungan kedua variabel pada kategori korelasi sedang, selain itu menandakan adanya hubungan yang bermakna. Penelitian ini disimpulkan bahwa kelentukan sendi bahu memilki hubungan yang signifikan dengan kemampuan jumping servis pada Atlet club Tunas Muda SMANDARA. Kontribusi kelentukan sendi bahu terhadap kemampuan jumping servis sebanyak 34,3% sedangkan 65,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor kondisi fisik lainnya, seperti daya ledak, kekuatan, koordinasi, ketepatan dan kecepatan.

 

Kata Kunci: Kelentukan Sendi Bahu; Kemampuan Jumping Servis; Permainan Bola Voli

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arwan. (2020). Hubungan Kelentukan Sendi Bahu dengan Kemampuan Servis Atas pada Permainan Bola Voli Klub Laskar Muda Desa Mataiwoi Kabupaten Konawe Utara. JOKER. 1(2), 105–112.

Dimyati, A. (2016). Keterampilan Jumping Service: Hubungan Antara Daya Ledak Otot Lengan, Koordinasi Mata-Tangan, dan Rasa Percaya Diri. Journal.Unsika, 4(November), 219–230.

Kusnadi. (2018). Anatomi Fungsional Sendi Bahu (Shoulder Joint) Secara anatomi sendi bahu merupakan sendi peluru. Jakarta Pusat: Direktorat Jendral Olah raga.

La ode Marwah H. (2023). Hubungan Kelentukan Togok Belakang dengan Kemampuan Jump service Permainan Bola Voli Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Mawasangka. Skripsi.

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. CV.

………… (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: CV. Alfabeta

Suharti. (2016). Perkembangan Gerak : Kelentukan (Flexybility). In Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Mataram. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan “GELORA,” 3(2), 519–525.

Widiastuti, (2015), Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Tias Aprilia Dewi, Rusli, M., & Jud. (2023). Hubungan Kelentukan Sendi Bahu dengan Kemampuan Jumping Servis Permainan Bola Voli . Journal Olympic (Physical Education, Health and Sport), 3(2), 93–103. https://doi.org/10.36709/jolympic.v3i2.48