Hubungan Panjang Tungkai Dengan Kemampuan Menggiring Dalam Permainan Sepak Bola

Authors

  • Yang Yavet Agustinus Penjaskesrek
  • La Sawali Universitas Halu Oleo
  • Sariul Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jolympic.v3i2.47

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan panjang tungkai dengan kemampuan menggiring dalam permainan sepak bola pada siswa SMP Negeri 2 Loghia. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pengambilan datanya menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Loghia. Sampel dalam penelitian ini ditarik menggunakan teknik purposive sampling. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel bebas (panjang tungkai) dan variabel terikat (kemampuan menggiring bola). Instrumen yang digunakan untuk mengukur panjang tungkai dilakukan dengan tes mengukur panjang tungkai. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk kemampuan menggiring bola menggunakan tes menggiring bola. Data panjang tungkai diambil dari waktu terbaik melakukan tes pengukuran panjang tungkai sebanyak 1 kali kesempatan dan data kemampuan menggiring bola sebanyak 2 kali kesempatan. Data penelitian ini dianalisis dengan perhitungan korelasi pada aplikasi SPSS Versi 21. Hasil yang diperoleh dari pengujian hipotesis adalah panjang tungkai mempunyai hubungan yang signifikan dengan kemampuan menggiring bola dan termasuk dalam korelasi yang sedang. Dimana nilai rxy = 0,550 dengan taraf siginifikan 0,001 < 0,05 dengan koefisien determininasi () = 0,303 atau sebesar 30,3 % panjang tungkai berkontribusi terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepak bola.

Kata Kunci: Panjang Tungkai; Kemampuan Menggiring Bola; Permainan Sepak Bola

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprinova, F. & H. I. (2016). Metode Drill Untuk Meningkatkan Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribling) dalam Permainan Sepak Bola pada Siswa Sekolah Sepak Bola Putra Zodiak Kabupaten Bojonegoro Usia 13-15 Tahun .

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Rineka Citra.

Dr. Albertus Fenanlampir dan Dr. Muhammad Muhyi Faruq. (2014). Tes dan Pengukuran dalam Olahraga. Penerbit Andi.

Gunawan, Y. R., & Suherman, A. (2016). Hubungan kecepatan dan kelincahan terhadap kemampuan dribbling bola Futsal pada atlet O2Sn Kecamatan Sumedang Utara. SpoRTIVE, 1(1), 1–11.

Ikbar, D. M., & Erizal, N. (2019). Hubungan Kelincahan dengan Kemampuan Menggiring Bola Pada Pemain Sepakbola Siswa SMPN 3 Painan. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 2(2), 25–29.

J. Lubis. (2013). Panduan Praktis Penyusunan Program Latihan. Rajawali Pers.

Kuswahyudi, K., & Nurdin, F. (2017). Hubungan Bentuk Telapak Kaki Panjang Tungkai dengan Daya Ledak Otot Tungkai terhadap Atlet Kids Athletics Putri 11-14 Tahun. SEGAR.

Pratomo, C., & Gumantan, A. (2020). Hubungan panjang tungkai dan power otot tungkai dengan kemampuan tendangan penalty. Journal Of Physical Education, 1(1), 10–17.

Widiastuti. (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga. PT. Raja Grafindo Prasada.

Yunus, M. (2013). Dasar-Dasar Permainan Sepak Bola. Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Yang Yavet Agustinus, Sawali, L., & Sariul. (2023). Hubungan Panjang Tungkai Dengan Kemampuan Menggiring Dalam Permainan Sepak Bola . Journal Olympic (Physical Education, Health and Sport), 3(2), 83–92. https://doi.org/10.36709/jolympic.v3i2.47