HUBUNGAN POWER OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN TENDANGAN MAWASHI GERI ATLET KARATE INKANAS RANTING SMK NEGERI 3 BAUBAU

Authors

  • Afi Ningsih Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Rusli Universitas Halu Oleo
  • La Sawali Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jolympic.v3i1.39

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan power otot tungkai dengan kemampuan tendangan mawashi geri pada Atlet Karate INKANAS Ranting SMK Negeri 3 Baubau.  Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling yakni semua populasi digunakan sebagai sampel sehingga diperoleh sampel berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes vertical jump untuk mengukur power otot tungkai, tes tendangan mawashi geri selama 30 detik untuk mengukur kemampuan tendangan mawashi geri. Berdasarkan analisis statistik dengan uji korelasi dengan menggunakan aplikasi SPSS 25 diperoleh hubungan koefisien variabel power otot tungkai dengan kemampuan tendangan mawashi geri bernilai positif, dengan nilai r hitung 0,766 dan nilai taraf signifikan 0,000 < 0,05 dengan koefisien determinasi 0,586 atau 58,6%, yang artinya ada hubungan yang signifikan antara power otot tungkai dengan kemampuan tendangan mawashi geri. Hasil ini jika dimasukkan di peta korelasi maka hubungan kedua variabel berada pada kategori korelasi tinggi, selain itu menandakan adanya hubungan yang sangat bermakna. Penelitian ini disimpulkan bahwa power otot tungkai memiliki hubungan yang bermakna dengan kemampuan tendangan mawashi geri pada Atlet Karate INKANAS Ranting SMK Negeri 3 Baubau. Kontribusi power otot tungkai  terhadap kemampuan tendangan mawashi geri sebanyak 58,6% sedangkan 41,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor kondisi fisik lain seperti : kecepatan, kekuatan, daya ledak, daya tahan otot, kelentukan, kelincahan, keseimbangan dan koordinasi. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apta, Mylsdayu & Febi Kurniawan. 2017. Ilmu Kepelatihan Dasar. Bandung: Alfabeta,Cv.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Gunawan, I. 2015. Pengantar Statistika Interfal. Jakarta: Rajawali Pers. Imam Hidayat. (1999). Biomekanika. FPOK IKIP Bandung.

Manullang, J. G. (2016). Hubungan Power Otot Tungkai Terhadap Kecepatan Mawashi Gery Chudan Pada Karateka Dojo Capital Karate Club. 14(1), 108–120.

Purba P. H. 2017. Hubungan Kelentukan dan Kelincahan Terhadap Kecepatan Tendangan Mawashi Gery Chudan Pada Karateka Perguruan Wadokai Dojo Unimed. Jurnal Prestas i.

Ramli. 2015. Dasar-Dasar Kepelatihan. Universitas Negeri Makassar.

Sawali, La, & La Ode Samura. 2019. Karate: Bingkai Seni Bela Diri. Kendari: Garudhawaca.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Widiastuti . (2015). Tes dan pengukuran Olahraga: PT. Bumi Timur Jaya.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Ningsih, A., Rusli, M., & Sawali, L. (2023). HUBUNGAN POWER OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN TENDANGAN MAWASHI GERI ATLET KARATE INKANAS RANTING SMK NEGERI 3 BAUBAU. Journal Olympic (Physical Education, Health and Sport), 3(1), 48–57. https://doi.org/10.36709/jolympic.v3i1.39